Nama:
Nursholikhah
NPM: 110070183
Kelas: 2A
TTM
[Teka-teki
Matematika]
Anda pernah mengisi TTS bukan? Nah.., dalam permainan
ini pengerjaannya hampir sama dengan TTS tetapi bedanya dalam pengisian TTM
menggunakan angka-angka dan angka-angka tersebut diperoleh dari menjawab
soal-soal yang telah disediakan oleh guru.
Langkah-langkah:
1. Guru
sebelumnya menyiapkan soal-soal yang telah ditulis di kertas-kertas kecil yang
dilipat kecil dan meyiapkan 2 gambar kotak-kotak Teka-teki Matematika.
2. Setelah itu
guru membagi kelompok dalam 1 kelas menjadi 2 kelompok.
3. Guru
menjelaskan metode permainan pada peserta didik.
Metode Permainan
® Tiap-tiap anggota kelompok
ikut mengerjakan soal-soal dalam TTM secara bergantian dan anggota kelompok
yang sedang menunggu giliran maju harus memberi semangat kepada temennya yang
sedang mengerjakan soal di depan kelas agar suasana kelas menjadi lebih hidup.
® Siapa yang lebih cepat dalam menyelesaikan soal TTM maka akan
mendapat sebuah kartu merah . .Dan yang
terlambat ( lama) dalam meyelesaikan soal maka akan mendapat kartu hijau
Kartu Merah = 10 point nilai
tersebut diberikan apabila
Kartu Hijau = 5 point jawaban benar.
Kartu Merah = -5 point nilai
tersebut diberikan apabila
Kartu Hijau = -2 point jawaban salah.
Kenapa siswa yang lebih
cepat dalam mengerjakan soal TTM yang mendapat kartu merah dan kemudian dia
menjawab salah justru akan mendapat nilai -5 point sedangkan yang mendapat
kartu hijau dan menjawab salah mendapat nilai -2 point ?
Hal ini dimaksudkan untuk
memberikan suatu pelajaran kepada siswa agar dalam menjawab soal matematika
membutuhkan ketelitian, kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal.
4. Setelah permainan selesai, maka skor yang diperoleh masing-masing
kelompok dijumlahkan. Kemudian kelompok yang mendapatkan point tertinggi akan
diberi reward (hadiah).
Contoh Permainan TTM
1
|
|
|
3
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
4
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
11
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan: soal tidak boleh diketahui oleh siswa, yaitu dengan
menuliskan soal pada kertas kecil yang dilipat. Dan siswa secara bergantian
mengambil soal tersebut.
Mendatar:
1. 1725+1225+2575=…
2. Arie mempuyai 9 kotak Apel,
masing-masing kotak berisi 61 buah apel. Berapa jumlah seluruh apel yang
dimiliki oleh Arie?
4. Rifky memiliki 650 buah mangga. Diantara
mangga-mangga itu terdapat mangga yang telah busuk sebanyak 79 buah. Jadi
berapa jumlah mangga yang masih segar?
5. 227.650 + … = 275.000
6. Hany
membeli baju di Mall Rp85.250 kemudian dia mendapat Diskon sebesar 30%. Jadi
berapa rupiah yang harus dibayar Hany?
7. Ibu
Zainab seorang peternak ayam potong. Untuk memperluas usaha ternak ayamnya, ia
meminjam uang pada koperasi “Setia Kawan” sebesar Rp1.500.000,00 dengan bunga
pinjaman 15% per tahun selama 10 bulan. Berapa uang cicilan yang harus dibayar
oleh ibu Zainab tiap bulan?
8. 1.750.250 – 873.450 = …
10. Rere membeli 4 pak buku tulis Rp260.500.
Kemudian buku-buku itu akan dijual kembali olehnya dalam per pak. Jadi dalam 1
pak buku itu seharga?
12. Bayu membeli beberapa alat tulis di toko
“REMAJA”. 5 buah buku tulis @ Rp1.200 , 7 buah pensil 2B @Rp2.500 dan 1 buah
penggaris Rp3.750. Berapa Rupiah yang harus dibayar oleh Bayu?
13. Ayah membeli 5 karung pupuk @Rp150.000 dan 3
kg bibit padi Rp140.000. jadi berapa rupiah uang yang harus dibayar oleh Ayah?
15. 672 = …
Menurun:
1.
Deni membeli 13 kardus Mie “Mantap”. Tiap
kardus Mie berisi 45 bungkus. Jadi jumlah keseluruhan Mie yang dimiliki oleh
Deni adalah…
2.
Evi membeli sepatu di toko “shoe”
Rp75.000 dan mendapat diskon 25%. Berapa rupiah yang harus Evi bayar?
3.
14 X 4 = …
5. Windi membeli baju di toko “MENTARI” Rp75.000
kemudian ia mendapat diskon 25%. Berapa rupiah yang harus ia bayar?
7. 40.700 – 25.000 = …
8. 40.000 X 2125 = …
9. 12 X 121 =…
11. 592 = …
0 komentar:
Posting Komentar